Home Monitoring – Cara Mudah, Aman, Lancar

Sambil menunggu antrian pembagian raport di sekolah, saya dan suami berbincang tentang libur panjang di akhir tahun ini. Maklum, anak-anak yang masih duduk di Taman Kanak-kanak dan di Sekolah Dasar memiliki kesempatan libur yang cukup panjang, sejak 22 Desember 2012 sampai tanggal 6 Januari 2013. Nah, untuk yang tiga putri kecil kami ini tidak masalah jika kami merencanakan libur agak panjang di luar kota. Masalahnya, dua putra dan putri kami masih ada yang harus masuk sekolah dan hanya mendapatkan libur di awal tahun saja. Putri kedua malah harus ikut acara sekolah selama satu minggu setelah tahun baru. Jadi, liburan ke luar kota juga harus memilih hari yang tepat, yaitu saat kelima buah hati kami libur serentak.
Selain membicarakan tentang hari ‘baik’ untuk ke luar kota, kami juga membicarakan siapa yang harus menjaga rumah kami. Maklum, selain berfungsi sebagai rumah, tempat tinggal kami juga digunakan suami untuk membuka usaha persewaan alat elektronik. Tentunya banyak perlengkapan elektronik di rumah yang harus dijaga keamanannya. Suami pun langsung mengusulkan satu nama untuk menjaga rumah kami. Yupps… selama ini, jika kami tinggal mudik atau ke luar kota, kami harus meminta tolong orang lain untuk tinggal di rumah kami. Kami pun harus memastikan keberadaan orang yang menjaga dengan menelepon pada saat-saat tertentu.
Nah, saya pun bilang ke suami untuk menggunakan speedy home monitoring, karena di rumah kami telah berlangganan speedy untuk dua nomor telepon sekaligus. Saya menjelaskan fungsi speedy home monitoring sebagai CCTV Online, serta fleksibilitas dan aksesibilitasnya. Dan seperti biasa, jika usulan saya jelas dan lebih banyak manfaatnya maka suami akan mendukung. Beliau pun dengan antusias menyahut, “wah, kalau begitu bisa sekalian untuk mengawasi anak-anak yang kerja dong,”
“Ya, sekaligus juga bisa dipakai untuk ngawasin anak-anak kalau kita tinggal di rumah kayak gini,” jawabku.
“Nt, segera carikan informasinya ya,” pintanya dan saya pun mengiyakan saja.
Nah… sampai di rumah, saya segera membuka laptop saya dan membuka situsnya speedy home monitoring.

Apa sih Speedy Home Monitoring itu?

speedy-home-monitoringSpeedy Monitoring merupakan alat yang membantu kita untuk menangkap, merekam, dan memonitor suatu ruangan atau area tertentu dengan menggunakan IP Camera yang terhubung ke jaringan Speedy. Jadi layanan ini bisa dinikmati dengan menggunakan jaringan Speedy. Kita bisa mengakses hasil monitoring dari kamera melalui web browser. Tidak hanya itu saja, pengaturan masing-masing IP Camera juga dapat dilakukan melalui web browser. Jadi lebih mudah dan efisien. Selain itu, speedy monitoring juga menyediakan media penyimpanan yang ditangani secara terpusat sehingga kita hanya perlu menyediakan kamera dan tak perlu repot lagi dengan urusan penyediaan tempat penyimpanan data dan penyediaan server.
Kita juga sudah bisa menikmati fitur menarik Speedy Monitoring dengan berlangganan paket Speedy mulai kecepatan 384Kbps.

Terus apa saja yang bisa kita peroleh dari Speedy Home Monitoring?

manfaat

  • Mendeteksi siapa pun yang datang ke rumah, termasuk orang yang berniat jahat, seperti pencuri. Di mana hal ini bisa kita lakukan kapan saja dan di mana saja, karena kita bisa melakukan monitoring rumah secara online.
  • Mengawasi rumah saat ditinggal berlibur atau saat mudik ke rumah orangtua. Speedy Monitoring bisa digunakan untuk memantau keadaan rumah, kapan saja dan di mana saja. Dengan demikian, kita tidak perlu membayar orang untuk menjaga rumah selama kita tinggal berlibur.
  • Mengawasi anak-anak yang kita tinggal di rumah. Dengan Speedy Monitoring, kita dapat memeriksa apakah si kecil di rumah sedang mengerjakan pekerjaan rumah atau malah bermain game. Selain itu, dengan fitur motion detect, kita dapat mengetahui kapan anak-anak kembali dari sekolah.
  • Mengawasi karyawan yang sedang bekerja. Dengan demikian, kita bisa memastikan kinerja karyawan secara lebih akurat.
  • Mengecek keadaan orangtua. Memasang Speedy Monitoring di ruangan umum seperti ruang makan dan ruang keluarga akan sangat membantu untuk mengetahui bahwa orangtua kita dalam keadaan baik-baik saja.
  • Bagi yang memiliki hewan peliharaan, maka bisa dicek saat kita meninggalkan mereka untuk bekerja ke kantor atau berlibur (jadinya bekerja bisa lebih tenang dan konsentrasi kerja terjaga, liburan pun nyaman dan menyenangkan).

Intinya, dengan speedy monitoring, kita bisa melakukan online monitoring, sehingga apapun bisa kita monitor dengan mudah dari mana saja dan kapan saja.

Sama nggak dengan CCTV?

Dibanding dengan CCTV, layanan Speedy Monitoring dapat diakses dari manapun karena layanan ini diletakkan di jaringan Internet. Dengan layanan Speedy Monitoring, kita hanya perlu menyediakan akses Speedy dan IP Camera. Kita tidak perlu repot dengan urusan penyediaan penyimpanan data, penyediaan server, dan melakukan instalasi aplikasi atau software apapun.

Berbeda dengan CCTV, disamping harus menyediakan kamera, pengguna juga harus menyiapkan media penyimpanan, server dan melakukan instalasi aplikasi tertentu. Kelebihan lain Speedy Monitoring adalah perekaman dilakukan terpusat dan disimpan di data center Telkom sehingga aman dari pencurian dan kerusakan.

Apa saja fitur yang disediakan Speedy Home Monitoring?

feature

  1. Alokasi IP Statis. Nah bagi yang sudah berlangganan Speedy Monitoring, sudah pasti langsung mendapatkan alokasi IP statis.
  2. Live View. Dengan layanan ini kita dapat melakukan pengamatan atau monitoring secara langsung (live) terhadap lokasi yang telah dipasangi IP Camera.
  3. Offsite Storage. Layanan Speedy Monitoring menyediakan fasilitas penyimpanan secara terpusat sehingga kita tidak perlu menyediakan atau melakukan instalasi server. Dengan ini, kita tidak perlu bersusah payah kembali ke rumah hanya untuk mengecek hasil rekaman, karena kita dapat mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja.
  4. Web-Based Interface. Dengan antarmuka berbasis web, jadinya kita dapat menikmati layanan Speedy Monitoring cukup dengan menggunakan web browser.
  5. Auto Record: Dengan fitur ini, kita dapat merekam video dari IP Camera, baik secara regular maupun otomatis. Kita bisa mengatur schedule untuk IP Camera sehingga bisa secara otomatis merekam video setiap 5 menit, sepanjang hari, atau regular yaitu pada waktu dan hari tertentu saja.
  6. Berfungsi untuk berbagai macam IP camera. Layanan Speedy Monitoring dapat berfungsi dengan berbagai macam IP Camera. Namun, seperti IP Camera dari Panasonic, TP Link, A-Linking, dan D-link.
  7. Motion Detect. Speedy Monitoring mendukung fitur motion detect. Kita dapat mendeteksi ketika ada tamu tak diundang masuk ke rumah atau menggunakan fitur ini untuk mendeteksi ketika sang anak sudah kembali dari sekolah. Juga mendeteksi karyawan yang suka terlambat atau yang rajin.
  8. Dapat diakses melalui mobile phone. Hasil rekaman dari IP Camera dapat diakses dari mobile phone yaitu Iphone, Blackberry, Windows Phone, dan mobile phone yang support Android.
  9. Download Recorded Video. Kita bisa menyimpan hasil rekaman dari IP Cmera ke komputer lokal, cukup dengan mendownload hasil video dari Archive, maka kita bisa menyimpan sesukanya. Nah, ini juga bisa digunakan waktu menilai kinerja karyawan. Jika kita memiliki bukti dalam penilaian kinerja maka karyawan akan berusaha untuk lebih baik dari waktu ke waktu.
  10. Email alert. Kita akan menerima email alerts pada saat storage video sudah mencapai kuota tertentu. Kita bisa menghapus hasil rekaman yang lama atau yang sudah pernah dilihat, sehingga storage tidak full dan hanya berfungsi untuk menyimpan rekaman yang penting saja.
  11. Kamera dapat dibagi (Share). Kita bisa berbagi kamera dengan anggota keluarga yang lain, teman, rekan sekantor dan yang lain. Ketika kita berbagi kamera dengan member lain, kita dapat menentukan fitur apa saja yang dapat diakses oleh member tersebut dan tidak ada biaya tambahan untuk fitur share.
  12. Paket Basic Gratis. Nah yang gratis-gratis begini biasanya yang dicari hehehe….. Ya betul, kita tidak perlu membayar jika berlangganan Paket Basic. Tentu kita dapat memanfaatkan secara penuh fitur-fitur yang ditawarkan jika mencoba ke paket yang lain. Tapi, cukup dengan paket Basic kita sudah bisa mendapatkan live view dari hasil monitoring. Selain itu, juga ada dukungan yang diberikan melalui demo, email, online support Untuk memudahkan kita dalam memanfaatkan layanan Speedy Monitoring, karena speedy monitoring juga menyediakan berbagai demo, petunjuk cara kerja, dan online support. Kita juga dapat mengakses halaman FAQ untuk melihat penjelas dari berbagai pertanyaan yang umum ditanyakan pelanggan Speedy Monitoring.

Biayanya Gimana?
Biaya yang harus dikeluarkan tergolong MURAH, malah ada paket GRATIS alias FREE of CHARGE. Kita juga bisa memilih harga sesuai kantong aka anggaran kita. Apa saja paketnya?
paket gratis

Paket GRATIS (Basic Free): Jika kita mengambil paket GRATIS maka kita bisa menggunakan 1 unit kamera, dengan fasilitas Live View, monitoring dari mobile phone, dan akses melalui web.

Paket Bronze (Rp. 30.000)Bronze: 1 Unit Kamera, Storage 100MB, Durasi rekam 3 hari, Live View, Monitoring dari Mobile phone, Akses melalui Web, Alokasi IP Statis, Download Recorded Video, Penyimpanan Online, Motion Detect, Email Alert, Schedule (Auto Record).

silverPaket Silver (Rp. 60.000): 2 Unit Kamera, Storage 500MB, Durasi rekam 15 hari, Live View, Monitoring dari Mobile phone, Akses melalui Web, Alokasi IP Statis, Download Recorded Video, Penyimpanan Online, Motion Detect, Email Alert, Schedule (Auto Record).

goldPaket Gold (Rp. 120.000): 4 Unit Kamera, Storage 1000MB, Durasi rekam 30 hari, Live View, Monitoring dari Mobile phone, Akses melalui Web, Alokasi IP Statis, Download Recorded Video, Penyimpanan Online, Motion Detect, Email Alert, Schedule (Auto Record).

Hemat kan? Ada program diskon lagi, sampai 50%.

Cara Daftarnya Bagaimana?
Cara daftarnya mudah, hanya dengan 123 langkah, kita sudah bisa mengakses speedy monitoring dari browser serta memperoleh banyak manfaat Speedy Home Monitoring.

langkah-speedy-home-monitoringNah, mudah sekali kan. Hanya 123 langkah, dan aktivitas bisa berjalan AMAN SEMUA LANCAR. Dan, liburanpun bisa dinikmati dengan tenang dan lebih hemat… karena tidak perlu membayar penjaga rumah lagi:). Jika berminat, daftar saja di SINI ya.

Referensi:http://monitoring.telkomspeedy.com

Tulisan ini diikutkan dalam lomba blog Speedy Home Monitoring.

This entry was posted in Just a little bit, Simple Journey, Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Home Monitoring – Cara Mudah, Aman, Lancar

  1. Artikel yang komplit. Semoga sukses dalam lombanya.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  2. harris says:

    Nice Posting

    Silahkan baca postingan saya dan mohon beri komentar

    http://harris-maulana.blogspot.com/2012/12/memantau-rumah-agar-aman-melalui-gadget.html

    terima kasih :)

  3. leyla says:

    Komplit…
    semoga sukses :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s