PITA PLN Bersih: Bukan Sekedar Wacana

plnbersih

Sudah menjadi tradisi bahwa setiap komunitas, organisasi, baik informal maupun informal, lembaga pemerintahan, dan bahkan sebuah pemerintahan mulai dari tingkat negara sampai tingkat desa, pada saat ulang tahunnya akan mengeluarkan program, slogan, semboyan, atau motto baru untuk mengomunikasikan kepada masyarakat siapa dan bagaimana organisasi tersebut telah dijalankan selama ini dan apa yang ingin dicapai di masa yang akan datang.

Sebagaimana tekad Bangsa Indonesia di Ulang Tahun yang ke-68 pada tanggal 17 Agustus 2013 yang lalu, yang mengusung tema “Mari Kita Jaga Stabilitas Politik dan Pertumbuhan Ekonomi Kita Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat”, pada Ulang Tahun ke-68 ini Perusahaan Listrik Negara (PLN) juga mengeluarkan program “PLN Bersih, No Suap, No Korupsi, No Gratifikasi” sebagai wujud dukungan PLN untuk mengentas bangsa Indonesia dari jurang perkorupsian.  Selain itu, program PLN Bersih ini juga ditujukan untuk menjadi semangat bagi PLN dan segenap jajarannya, mulai dari top management (manajemen puncak) sampai pada karyawan pelaksana di lapangan untuk menyampaikan layanan yang berkualitas, penuh integritas, tranparan, dan akuntabel.

Pastinya, agar program yang dikeluarkan tidak hanya menjadi wacana yang bernuansa ‘mumpung musimnya’ dan terkesan hanya ikut-ikutan agar tidak dicap sebagai sarangnya koruptor, maka semboyan itu harus mampu menjadi tekad bulat bagi semua pihak untuk mewujudkannya secara implikatif dan realistis.

IMG-20130726-02114

Komunikasi, sosialisasi, dan survei harus menjangkau sampai tingkat pelaksana di lapangan agar implementasi program bisa menyeluruh dan tepat sasaran, tepat pelaksanaan, dan tepat tujuan (doc. pribadi)

Oleh karena itu, dalam implikasinya, program ini diwujudkan dengan mengeluarkan PITA PLN Bersih sebagai payung dan pilar program. PITA PLN Bersih ini tentunya bukan sembarang pita, tetapi pita yang bisa mengikat kuat kinerja PLN sebagai organisasi, sebagai badan usaha, yang didalamnya ada sistem, prosedur, dan pelaksananya.

Nah, apa sih PITA PLN Bersih itu? PITA adalah singkatan dari empat pilar penyangga program PLN Bersih yang terdiri atas partisipasi, integritas, transparansi, dan akuntabilitas.

Partisipasi menggambarkan pertisipasi seluruh stakeholders, baik internal (segenap jajaran karyawan) maupun eksternal (mitra, masyarakat, pemerintah, komunitas-komunitas, termasuk blogger melalui tulisan di blog, dan segenap pengguna layanan PLN).

Integritas, yaitu integritas dari para pegawai dalam bekerja melayani masyarakat sangat penting artinya ntuk membangun budaya PLN Bersih.

Transparansi, yaitu keterbukaan informasi dan sikap responsif terhadap permintaan informasi publik sangat menentukan dan penting dalam pembangunan budaya PLN Bersih.

Akuntabilitas, pilar ini menuntut pegawai PLN untuk selalu responsif terhadap setiap keluhan pelanggan dan juga mendukung implementasi wishtle blower system dan program pengendalian gratifikasi.

Empat kata yang sudah lazim kita dengar dalam ragam bahasan, karena sering didengang-dengungkan dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan, organisasi, maupun badan usaha dengan tata kelola yang baik (good govrnance). Saking seringnya mendengar empat kata tersebut dalam bahasan orang-orang gede, mulai dari akademisi sampai praktisi, mulai di televisi sampai di pinggir jalan, sampai-sampai jika mendengar kata-kata tersebut akhirnya hanya menjadi wacana untuk didengarkan, tetapi sulit untuk melihat dan merasakan bukti implikatifnya.

Nah, agar empat kata tersebut benar-benar menjadi sebuah keajaiban yang membawa penerangan bagi negeri ini, maka dalam mengimplementasikan program dengan empat pilar tersebut, PLN dituntut untuk menjalankannya secara holistik dengan memperhatikan banyak faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan dan kinerja program tersebut. Apa saja faktor yang diperhatikan? Berikut ini adalah model implementasi program yang diadaptasi dari tiga model implementasi kebijakan publik Merilee S Grindle,  George C Edward III, dan Donald Van Meter & Carel Van Horn, dengan tujuan agar program yang diluncurkan bisa dimplmentasikan dengan tepat, yaitu tepat guna, tepat sasaran, tepat pelaksanaan, dan tepat lingkungan.

pln bersih program

Implementasi Program PLN Bersih

Gambar di atas memperlihatkan bagaimana program PLN Bersih dijalankan agar pilar-pilar yang telah ditetapkan tidak hanya sekedar wacana. Ketepatan program yang dijalankan akan bisa berhasil ketika program tersebut memperhatikan proses dan faktor-faktor yang ada di sebelah kiri, yaitu proses komunikasi, yaitu proses penentuan tujuan, pelaksanaan survei, konsultasi, dan sosialisasi kepada para stakeholders; Sumberdaya (baik sumberdaya manusia yang terdiri atas manajemen PLN, petugas pelaksana/lapangan, dan masyarakat sebagai pengguna layanan PLN, sumberdaya perusahaan); Lingkungan yang terdiri atas kondisi politik, nilai dan budaya dalam masyarakat, perkembangan teknologi,  situasi perekonomian; Struktur birokrasi yang jelas, transparan, mudah, murah, dan cepat; serta strategi implementasi yang tepat yang berbasis partisipasi masyarakat.

Setelah itu, proses pelaksanaan program yang telah ditetapkan tersebut harus didukung dengan aktivitas monitoring dan controlling (pengawasan dan pengendalian) agar tingkat kepatuhan dan konsistensi pelaksanaan program dari awal sampai tercapainya tujuan program, yaitu PLN yang bersih dari suap, korupsi, gratifikasi, dan perilaku jelek lainnya. Di mana pada akhirnya bisa dilakukan evaluasi terhadap program dengan memperbandingkan tujuan awal dengan pencapaian atau kinerja program.

Referensi: http://akudanpln.blogdetik.com/tentang-pln-bersih-2/

About these ads
This entry was posted in Fenomena sosial, Just a little bit, Manajemen Bisnis and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to PITA PLN Bersih: Bukan Sekedar Wacana

  1. Pingback: Di Mana Letak Kesalahan MSDM (Pejabat …) | liloli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s