ANALISIS POSISI PLASA/MAL DI SURABAYA BERDASARKAN PERSEPSI DAN PREFERENSI MASYARAKAT KOTA SURABAYA DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING

Author: Rigo Hartono Winta, Nur Iriawan

Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi II
Program Studi MMT-ITS, Surabaya 30 Juli 2005

ABSTRACT:

Surabaya telah mengalami berbagai kemajuan dalam penyediaan berbagai fasilitas penunjang kegiatan perdagangan. Berkembangnya keadaan tersebut tentu akan memunculkan persaingan dalam menyediakan kebutuhan masyarakat serta akan mempengaruhi berbagai pertimbangan dalam penanaman investasi pada suatu Plasa/ Mal. Oleh sebab itu, diperlukan adanya strategi untuk memposisikan diri dalam memilih dan melayani suatu segmen pasar serta diharapkan dapat menarik minat investor untuk menanamkan modalnya. Maka persepsi dan preferensi dari masyarakat kota Surabaya sebagai konsumen utama dari Plasa/Mall merupakan dasar pertimbangan utama dalam menentukan strategi tersebut. Penelitian dilakukan dengan Metode Multidimensional Scaling dalam mengetahui persepsi dan preferensi masyarakat kota Surabaya tentang tingkat kemiripan tiap pasang Plasa/Mal yang diteliti. Dari data kemiripan tersebut dapat diketahui posisi berbagai Plasa/Mal di Surabaya melalui suatu percentual map. Dari perceptual map juga dapat diketahui posisi ideal point Plasa/Mal yang disukai berdasarkan peringkat preferensi dari masyarakat Surabaya. Maka karakteristik kemiripan antar Plasa/Mal dapat dibandingkan melalui posisinya dalam perceptual map tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TP4, TP3, GM, SPI, dan PTC mempunyai tingkat persepsi kenyamanan terhadap suasana, interior, produk, dan tempat makan yang lebih disukai, harga produk pada umumnya dipersepsikan kurang terjangkau, dan mempunyai tempat parkir mobil yang relatif lebih nyaman. Kelompok ini pada umumnya mempunyai tingkat preferensi yang tinggi sehingga layak untuk investor yang hendak melayani masyarakat golongan menengah atas. Kemudian DP, TP1, dan TP2 mempunyai tingkat persepsi kenyamanan terhadap suasana, interior, produk, dan tempat makan yang kurang disukai, harga produk pada umumnya dipersepsikan lebih terjangkau, dan mempunyai tempat parkir mobil yang relatif kurang nyaman. Selain itu, kelompok ini mempunyai tingkat preferensi yang lebih rendah sehingga lebih cocok untuk investor yang melayani masyarakat golongan menengah hingga menengah bawah.

Kata kunci: Persepsi, Preferensi, Perceptual Map, Multidimensional Scaling.

Full Text: analisis-posisi-plasamal-di-surabaya

About alhusna

an ordinary woman
This entry was posted in Manajemen Pemasaran. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s