STUDI PELAYANAN OPERASIONAL PENERBANGAN PADA PT. X UNTUK PERUMUSAN STRATEGI PENGEMBANGAN

Author: Mochamad Reza Isfahani, Udisubakti Ciptomulyono,Vita Ratnasari

Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi III
Program Studi MMT-ITS, Surabaya 4 Pebruari 2006

ABSTRACT:

Persaingan pada industri jasa penerbangan semakin kompetitif dengan banyaknya maskapai – maskapai penerbangan baru yang melayani pada rute – rute yang sama, ditambah dengan berkembangnya tren low cost carrier pada jasa penerbangan itu sendiri. Dengan alasan tersebut, maka masing – masing maskapai penerbangan mencoba untuk bisa tampil kompetitif dalam persaingan yang ada. Positioning dari suatu maskapai penerbangan merupakan salah satu cara untuk menghadapi persaingan antar industri penerbangan. Positioning berdasarkan market share penjualan belum dapat mengartikan posisi dari maskapai penerbangan tersebut dalam persaingan yang ada. Untuk itu perlu diketahui positioning perusahaan berdasarkan persepsi konsumen. Positioning berdasarkan persepsi konsumen ini dapat ditangkap dengan menggunakan Multidimensional Scalling (MDS). Dengan MDS ini maka suatu perusahaan akan mengetahui pesaing terdekatnya berdasarkan atribut – atribut yang ada. Dalam penelitian ini diusulkan pengunaan Analytical Hierarchy Process (AHP) dan SWOT untuk memberikan solusi penunjang bagi strategi pengembangan suatu perusahan maskapai penerbangan dalam usahanya untuk tampil kompetitif dan fokus dalam persaingan yang ada. Dari hasil penelitian ini didapatkan posisi PT. X pada analisa Evaluasi Internal dan Evaluasi Eksternal SWOT berada pada kuadran I yaitu W-T, sedangkan pada analisa MDS, pada perceptual mapping menunjukkan bahwa PT. X mempunyai persepsi yang kuat dalam tribut ‘service’ dibanding dengan kompetitor yang lain.

Kata kunci: Industri jasa penerbangan, Multidimensional Scalling (MDS), Analytical Hierarchy Process (AHP), SWOT, Positioning, Strategi pengembangan

Full Text: studi-pelayanan-operasional-penerbangan

About alhusna

an ordinary woman
This entry was posted in Manajemen Pemasaran. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s