ANALISIS MULTI ATRIBUT YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI BELANJA ONLINE PRODUK TIKET PESAWAT DI KALANGAN MAHASISWA UKWMS

Author: Johanes Indrakusuma dan Lena Ellitan (Universitas Widya Mandala Surabaya)

The 2nd National Conference UKWMS
Surabaya, 6 September 2008

ABSTRACT:

Perkembangan internet telah sampai pada tingkat yang mengagumkan yang bahkan tidak terbayangkan saat Departemen Pertahanan Amerika (ARPA) membuat keputusan untuk mengembangkan proyek ARPANET. Setelah penggunaan internet sudah terbuka luas bagi publik timbullah konsep e-business dan e-commerce. Kedua konsep tersebut berhasil meredefinisi konsep bisnis konvensional. Salah satu konsep bisnis yang perlahan-lahan mulai
berubah adalah budaya pembelian tiket pesawat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
dan memberikan bukti empiris pengaruh waktu, harga, pelayanan dan alternatif terhadap
preferensi belanja online produk tiket pesawat. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan 100 orang responden yang diperoleh dengan teknik sampling nonprobabilitas jenis sampling convenience dan sampling bola salju (snow-ball sampling).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel waktu yang berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi belanja. Hasil tersebut dapat berubah apabila sampel yang digunakan berbeda. Hal ini disebabkan karena keterbatasan sampel yang digunakan hanya berasal dari kalangan mahasiswa. Variabel waktu adalah variabel pembentuk preferensi belanja online yang paling krusial. Maka produsen seyogyanya meminimalkan waktu pemesanan tiket dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi.

Kata-kata kunci: preferensi, belanja online, analisis multiatribut

Full Text: belanja-online

About alhusna

an ordinary woman
This entry was posted in Manajemen Pemasaran. Bookmark the permalink.

2 Responses to ANALISIS MULTI ATRIBUT YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI BELANJA ONLINE PRODUK TIKET PESAWAT DI KALANGAN MAHASISWA UKWMS

  1. dloniah says:

    saya tertarik dengan studi tersebu, dimana saya bisa memperoleh bab yang berisi metodologi dan koesionernya..saya butuh sedang butuh referensi tentang studi preferensi…mohon bisa dikirim ke email saya, dloniah@gmail.com
    terima kasih

    • alhusna says:

      Kalau metode penelitiannya sepertinya sudah disebutkan dalam file full text nya. Sementara untuk kuesionernya bisa dilihat pada bagian ‘Identifikasi dan Definisi Operasional Variabel’ yang ada dalam file full textnya.
      Pada sub bagian tersebut terdapat operasional variabel yang menjadi dasar penyusunan kuesioner
      File fulltext nya bisa di download di postingan di atas.
      Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s