Perang Tipat dan Bantal

Hehehe…. ketika mendengar kata perang, tentunya yang terbayang pasti kekerasan, pistol senjata tajam, orang yang terluka, dan lain-lain yang mengerikan dan mengenaskan Tetapi di Bali ada adat tradisional yang dinamakan Perang Tibat dan Bantal. Hehehehh… ini lagi Perang Bantal? diasosiasikan ke mana ya? sebelum membayang-bayangkan perang Bantal, ini ni yang sebenarnya, apa itu perang Tipat dan Bantal:
Warga desa Adat Kapal, Badung, Bali, mempunyai tradisi unik. Yakni, perang tipat dan bantal. Dua-duanya adalah makanan berbahan beras dan ketan yang dibungkus janur. Tipat berbentuk segiempat, terbuat dari beras dan dibungkus janur. Sedangkan bantal berbentuk lonjong dan dibuat dari ketan. Tradisi ini merupakan ungkapan rasa syukur atas melimpahnya hasil bumi. Atraksi perang-perangan tersebut berlangsung selama 20 menit dan diakhiri dengan salaman dan pelukan. Selain warga lokal, beberapa turis mancanegara ikut dalam tradisi itu. Atraksi tersebut menghabiskan 14.250 tipat dan bantal yang dibuat dari 1,1 ton beras dan ketan.
Jika melihat bahan pembuat Tipat dan Bantal di atas maka jika di Jawa, Tipat itu semacam kue Lepat atau Lepet, sedangkan Bantal itu adalah Ketupat yang biasanya disajikan di saat lebaran. Makanan khas yang enak, lezat, dan menyatukan….

Sumber gambar: Jawa Pos

About alhusna

an ordinary woman
This entry was posted in Just a little bit, Simple Journey, Wisata dan Budaya and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Perang Tipat dan Bantal

  1. LNardy says:

    wewww….
    klo di kumpulin tuch semua bisa buat kasih makan kaum duafa selama 2 bulan tuch….
    kwkwkwkwkwk

  2. alhusna says:

    đŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s